Ketegangan Baru China vs Australia,Travel Warning Dari China Untuk Warganya

PusatBroker- Hubungan antara China dan Australia semakin memburuk,negeri Tirai Bambu telah mengeluarkan peringatan ke warganya agar tidak melakukan perjalanan ke negeri Kanguru.
Peringatan ini dikelaurkan dengan alasan rasisme yang mulai meningkat di Australia terhadap orang China dan Asia.

Peringatan yang dikeluarkan pemerintah China terhadap warganya ini membuat tensi semakin memanas antara Australia dengan China.
Sebelumnya China dan Australia sudah bersitegang dengan adanya kasus penyelidikan mengenai asal virus corona yang dipelopori oleh Australia.

Akibat usulan tersebut China sudah menangguhkan impor dari empat pemasok daging sapi utama Australia. Mereka adalah Kilcoy Pastoral Company, Beef City, Dinmore dan Northern Cooperative Meat Company yang menghasilkan sekitar 35% dari ekspor daging Australia ke China.

Tak tanggung-tanggung, nilainya mencapai US$ 1,1 miliar. Bukan hanya daging, China juga menetapkan kenaikan tarif hingga lebih dari 80% pada impor gandum Australia karena tuduhan dumping.

Ditambah dengan peringatan berpergian warga China ke Australia.

Padahal dari data Tourism Research Australia, turis dari negeri Panda menunjukkan kenaikan terus menerus. Di September 2019, jumlah turis China yang datang naik 1,2% (YoY) menjadi 1,3 juta orang.

Dengan total biaya yang dikeluarkan para turis naik 6,8% atau menjadi A$ 12,3 miliar (sekitar US$ 8,28 miliar). Ini mewakili lebih dari 27% semua pengeluaran wisata asing selama periode itu.